MAHKAMAHAGUNG.GO.ID - Guna mendorong penghayatan terhadap nilai-nilai Mahkamah Agung dan peradilan serta mengembangkan rasa cinta dan bangga terhadap lembaga, Mahkamah Agung kini memiliki lagu himne. Lagu yang merupakan kolaborasi antara musisi kenamaan Addie MS dengan A. S. Pudjoharsoyo, Sekretaris Mahkamah Agung tersebut akan diluncurkan oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun ke-74 Mahkamah Agung hari ini (19/08/2019).

MAHKAMAHAGUNG.GO.ID - Humas MA: Peristiwa yang terjadi di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 18 Juli 2019 lalu, di mana seorang oknum advokat memukul hakim yang sedang membacakan putusan bukanlah kejadian yang melecehkan dunia peradilan yang pertama terjadi di Indonesia. Sebelumnya pernah pula terjadi kejadian serupa, antara lain pembakaran gedung pengadilan Negeri Larantuka pada 15 November 2003, penusukan hakim di Pengadilan Agama Sidoarjo pada 21 September 2005, pembakaran Gedung Pengadilan Negeri Maumere pada 22 September 2006,  kerusuhan di dalam gedung Mahkamah Konstitusi pada 14 November 2014 dan yang lainnya. Kejadian-kejadian tersebut merupakan contempt of court dan tentu mengganggu jalannya proses persidangan yang memprihatinkan kehidupan hukum di Indonesia dan menyebabkan menurunnya wibawa peradilan serta dapat mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap lembaga peradilan. Akibatnya, pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan menjadi terganggu.

MAHKAMAHAGUNG.GO.ID - Humas MA: Sekretaris Mahkamah Agung, A.S Pudjoharsoyo, SH., MH, melantik 5 (lima) orang Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawasan Mahkamah Agung, pada Rabu pagi, 31 Juli 2019 di gedung Mahkamah Agung lt. 2, Jakarta. Pelantikan ini berdasarkan dua Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung yaitu Nomor 69/KMA/SK/IV/2019 tanggal 10 April 2019 dan Nomor 77/KMA/SK/IV/2019 tanggal 26 April 2019.

Artikel Selanjutnya...