Pakta Integritas Menegaskan Komitmen Pencegahan Dan Pemberantasan Korupsi Dalam Pelaksanaan Pemerintahan Yang Transparan Dan Akuntabel

Berita Utama
Typography

PA-MUARAENIM.GO.ID - Pakta integritas diwajibkan bagi para pimpinan, para pejabat serta seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintahan.  

Pakta integritas sudah diatur melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 49 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Pakta Integritas di Lingkungan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah (“Permen PANRB 49/2011”).

Substansi dari pakta integritas dituangkan ke dalam dokumen pakta integritas. Pada ketentuan Pasal 1 angka 1 Permen PANRB 49/2011, diterangkan bahwa dokumen pakta integritas adalah dokumen yang berisi pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme.

Baca juga :
Ketua PA Muara Enim Presentasi ZI Dihadapan Dirbinganis Ditjen Badilag, Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag.

Demi menegaskan komitmen dalam menjalankan kewenangan dengan jujur sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme, seluruh aparatur di lingkungan Pengadilan Agama Muara Enim melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja (PK) Tahun 2021. Acara diselenggarakan Senin, 4 Januari 2021, di ruang pertemuan lantai 1 Pengadilan Agama Muara Enim.

Diacara itu, dikukuhkan juga Susunan Tim Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Muara Enim Tahun 2021 untuk mengawali langkah dilanjutkannya kembali Pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Muara Enim, yang sebelumnya pada Tahun 2020 belum berhasil meraih WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dari Kementerian PANRB.

Pengukuhan dilakukan Ketua Zona Integritas, Isrizal Anwar, S.Ag., M.Hum., dengan membacakan Keputusan Ketua Pengadilan Agama Muara Enim tentang Susunan Tim Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Muara Enim Tahun 2021.

Melalui penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja ini, dalam arahannya, Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, Drs. Husaini, S.H., M.H., menghimbau seluruh aparatur untuk mewujudkan pencegahan dan pemberantasan korupsi dalam pelaksanaan pemerintahan yang transparan dan akuntabel di lingkungan Pengadilan Agama Muara Enim.

| Humas Pengadilan Agama Muara Enim