PA Muara Enim Antisipasi Banyaknya Masyarakat yang Ingin Daftarkan Perkara pada Masa Covid-19

Berita Utama
Typography

PA-MUARAENIM.GO.ID - Sebanyak empat orang petugas layanan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Pengadilan Agama Muara Enim mengikuti DDTK (Diklat di Tempat Kerja) pemahaman tentang e-court, di ruang rapat lantai 2, Selasa (23/6/2020). Selain petugas, Kegiatan itu diikuti juga oleh Panitera Muda Permohonan, Panitera Muda Gugatan dan Panitera Muda Hukum.

Panitera Pengadilan Agama Muara Enim, Drs. Suratman Hardi menuturkan, bahwasanya kegiatan itu dilakukan lantaran semakin meningkatnya para pihak yang memanfaatkan elektronisasi layanan peradilan di masa pandame Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Meskipun menghadapi situasi darurat nasional seperti ini, masyarakat tetap saja berkeinginan mendaftarkan perkaranya ke Pengadilan Agama Muara Enim, imbuhnya menjelaskan.

Dihadapkan dengan kondisi yang sulit seperti ini, bagaimana pun juga Pengadilan Agama Muara Enim harus tetap aktif memberikan pelayanan terhadap mereka yang berurusan. Namun sebagai antisipasi, petugas diminta tetap harus patuhi protokol kesehatan. Tidak semua jenis layanan dapat dilakukan dengan tatap muka, seperti halnya layanan informasi dan layanan pendaftaran perkara, sepenuhnya dilakukan via online, ada petugas khusus yang memandu pihak untuk melakukan pendaftaran online ini, ungkapnya mengatakan.

Baca Juga :
PA Muara Enim Mengikuti Pembinaan dan Pengawasaan Berseri PTA Palembang Melalui Video Conference

Dalam kegiatan ini, tuturnya, petugas layanan PTSP semua dilatih agar mampu juga memahami prosedur pendaftaran perkara online, kebijakan ini ditempuh sebagai solusi menyikapi keluhan masyarakat yang ingin mendaftarkan perkara pada masa Covid-19. Dengan kebijakan yang diambil ini, kita berharap penerimaan perkara di Pengadilan Agama Muara Enim tidak lagi terkendala, sehingga para pihak pun merasa puas karena perkara mereka tidak tertunda pendaftarannya.

DDTK ini perlu juga untuk diikuti para Panitera Muda. Menurut pandangannya, kagiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap substansi sistem administrasi perkara dan persidangan di Pengadilan secara elektronik, sementara hal itu berkaitan langsung dengan tupoksi mereka sebagai panitera pengganti dalam persidangan.

Kegiatan DDTK pemahaman tentang e-court ini terlaksana atas keinginan dan inisiasi dari Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, yang mengharapkan agar segera dilakukan pemecahan masalah terhadap hambatan penerimaan perkara pada masa Covid-19 di Pengadilan Agama Muara Enim.

| Humas Pengadilan Agama Muara Enim