Profile Asessment dan Fit And Proper Test, Ketua PA Muara Enim Tentukan Sikap

Berita Utama
Typography

PA-MUARAENIM.GO.ID - Upaya Ditjen Badan Peradilan Agama dalam mewujudkan Peradilan Indonesia yang modern, semakin gencar dilakukan. Betapa tidak, terobosan demi terobosan tak henti-hentinya digulirkan Ditjen Badan Peradilan Agama ke Pengadilan Pengadilan yang ada dibawah naungannya, bahkan tidak hanya itu, publik pun ikut merasakan dampak manfaat dari terobosan yang lakukan itu.

Belum lama ini, Ketua Mahkamah Agung RI, Prof, Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. melaunching 9 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag. Selang beberapa bulan kemudiannya, dirilis kembali 9 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag itu menjadi 11 Aplikasi Innovasi Ditjen Badilag, yang disampaikan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama melalui surat nomor 1517/DjA/HM.00/4/2020, tanggal 22 April 2020, perihal Himbauan Memasang Poster 11 Aplikasi Unggulan Ditjen Badilag.

Seolah tak berjedah sedikitpun, selang dua harinya kemudian, yakni 24 April 2020 disampaikan kembali surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama nomor 1535/DjA/KP.04.6/4/2020, perihal Pelaksanaan Profile Asessment dan Fit And Proper Test Calon Wakil Ketua MS/PA Kelas IB dan Kelas II yang akan dilakukan secara online.

Baca Juga :
Drs. H. Bakti Ritonga, S.H., M.H. : Pembinaan Teknis Yustisial Diharap Tingkatkan Spirit dan Etos Kerja Aparatur PA Muara Enim

Sebuah langkah maju kembali dilakukan Badilag. Upaya keras mewujudkan peradilan modern berbasis teknologi informasi terus ditapaki dengan menyelenggarakan Uji Kepatutan dan Kelayakan/Fit & Proper Test secara virtual, yang diperuntukkan bagi peserta calon Pimpinan PA Kelas IB dan calon Pimpinan PA Kelas II.

Selasa (5/5/2020) kemarin, sebanyak dua peserta dari Pengadilan Agama Muara Enim, Roli Wilpa, S.H.I., M.Sy., dan Zulfahmi Mulyo Santoso, S.E.I., M.H. telah mengikuti ujian kepatutan dan kelayakan/Fit & Proper Test calon pimpinan Pengadilan Agama Kelas II secara online.

Selanjutnya pada tanggal 11 s.d 14 Mei 2020 nanti, peserta akan mengikuti wawancara ujian kompetensi tehnis dan kompetensi manajerial peradilan agama jarak jauh dengan media teleconference. Menurut info yang dirilis Badilag dalam situsnya “www.badilag.mahkamahagung.go.id”, Penguji terdiri dari 9 orang yang berasal dari Mahkamah Agung, sedangkan Assesor berasal dari PPSDM Consultant yang bekerja sama dengan Harrison Assessment. Para penguji diantaranya adalah Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Kepala Badan Pengawasan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Kekadilan, Ketua PTA DKI Jakarta, Panitera Muda Perdata Agama, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama, Sekretaris Ditjen Badilag, dan salah satu hakim Senior sebagai penguji pembahasan kitab.

Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, Drs. H. Bakti Ritonga, S.H., M.H. sangat serius dalam menyikapi Surat Dirjen Badilag tersebut. Hal itu ditunjukan dengan dikeluarkannya Keputusan Ketua Pengadilan Agama Muara Enim Nomor W6-A5/542/Kp.01.1/IV/2020 tentang Pembentukan Panitia Pelaksanaan Profile Asessment dan Fit and Proper Test Calon Wakil Ketua MS/PA Kelas IB dan Kelas II pada Pengadilan Agama Muara Enim, yang ia tanda tangani pada 27 April 2020 lalu.

Dalam Keputusan itu, ditunjuk Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Enim sebagai pemantau/pengawas pelaksanaan kegiatan, dan menunjuk pula Tim IT untuk menyiapkan kebutuhan sarana jaringan dan media elektroniknya. Penunjukkan itu pun, lengkap disertai dengan surat tugas melaksanakannya.

| Humas Pengadilan Agama Muara Enim