Lengkapi Syarat Pembentukan PA Baru, PA Muara Enim - Pemkab PALI Koordinasi Intens

Berita Utama
Typography

PA-MUARAENIM.GO.ID - Upaya Pengadilan Agama (PA) Muara Enim dalam menyiapkan persyaratan pembentukan Pengadilan Agama (PA) Baru di Kabupaten PALI (Talang Ubi) sudah memasuki tahap akhir. Semua yang dipersyaratkan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 5 Tahun 2019 tentang Persyaratan Pembentukan Pengadilan Di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan Yang Berada Dibawahnya satu persatu mulai terpenuhi.

Ketua PA Muara Enim Drs. H. Habib Rasyidi Daulay, M.H. menerangkan, bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait sejak mendapat instruksi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, sehubungan dengan diterbitkannya SEMA Persyaratan Pembentukan Pengadilan Baru tersebut. “Berkasnya sudah hampir rampung, terakhir tinggal menunggu surat kesediaan Pemerintah Kabupaten PALI menyiapkan lahan rencana Kantor PA Kabupaten PALI, dalam waktu dekat surat tersebut akan kita terima, sebab Bupati PALI sudah setuju untuk menyediakan lahannya,” ungkapnya.

Dengan disetujuinya penyediaan lahan tersebut, ia meminta pihaknya untuk terus berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten PALI. Belakangan ini lahan tersebut sudah ditunjukkan dan setelah ditinjau kita pun setuju dengan lokasinya, imbuhnya membeberkan.

Baca Juga :
Itsbat Nikah Terpadu, PA Muara Enim Sidangkan 300 Pasangan Suami Istri di PALI

Lokasi Rencana Kantor Pengadilan Agama Kabupaten PALI

Lahan Rencana Lokasi Kantor Pengadilan Agama Kabupaten PALI

Dari hasil pertemuan yang dilakukannya, Panitera PA Muara Enim, Edy Syafiq, S.H., menyampaikan informasi sehubungan dengan lahan yang diberikan itu. Ia mengatakan, bahwa Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten PALI menyebutkan lokasi rencana Kantor PA Kabupaten PALI nanti, berada dititik kawasan perkantoran khusus bagi instansi vertikal Kementerian/Lembaga. Luasnya berkisar antara 8.000-8.500 meter persegi, namun riil ukurannya belum diketahui, sebab saat ini belum dilakukan pengukuran oleh pihak BPN.

Saat ini Pemerintah Kabupaten PALI diketahui sangat mendukung sekali pembentukan PA diwilayahnya. Dukungan yang diberikan ini sejalan dengan kontribusi yang telah mereka lakukan. Mulai dari memberikan rekomendasi pembentukan, menyediakan lahan rencana kantor, hingga memberi bantuan pinjaman kendaraan operasional roda empat. Selain dukungan Pemerintah Kabupaten PALI, pembentukan PA Kabupaten PALI juga mendapat rekomendasi dari DPRD Kabupaten PALI dan MUI Kabupaten PALI. Mudah-mudahan semua dukungan yang diupayakan itu, dapat mewujudkan pembentukan PA di Kabupaten PALI nanti, harapnya mengatakan.

Kendaraan dinas roda empat dari Pemerintah Kabupaten PALI, yang dipinjamkan tersebut pun sudah berada di PA Muara Enim saat ini. Kendaraan tersebut dijemput pada hari Selasa (10/9/2019) oleh Panitera dan Sekretaris PA Muara Enim.

| Humas Pengadilan Agama Muara Enim