Berhasil di Install, Panitera PA Muara Enim Uji Coba e-Register dan e-Keuangan

Berita Utama
Typography

PA-MUARAENIM.GO.ID - Selasa (16/7/2019) siang, telah berhasil dilakukan penginstalan aplikasi e-Register dan e-Keuangan pada server beroperasi sistem Linux CentOs milik Pengadilan Agama Muara Enim. Proses instalasi, diakui Tim IT Pengadilan Agama Muara Enim telah mengikuti prosedur dan petunjuk yang diberikan dalam manual book panduan instalasi aplikasi keuangan dan register, yang disertakan sekaligus didalam file master aplikasi.

Penginstalan dua jenis aplikasi pendukung SIPP Peradilan Agama tersebut, sejatinya dilakukan hanya dengan sekali proses, namun keduanya sudah dapat berjalan dengan baik saat dilakukan uji coba, sesaat setelah instalasinya berhasil dilakukan di server, dan ketika diakses dari browser computer client, aplikasi pun tampil dengan sempurna.

Petunjuknya pun cukup simpel, kami hanya melakukan tiga langkah utama saja, yakni upload aplikasi, instalasi database, dan konfigurasi database. Alhasil aplikasi tersebut sudah bisa diakses dari computer client oleh beberapa user, dan aplikasi pun dapat dipergunakan sebagaimana fungsinya, terang Tim IT memberikan keterangan kepada Panitera Pengadilan Agama Muara Enim, Edy Syafiq, S.H., saat ia pertama kali melakukan uji coba, di ruang server.

Baca Juga :
Uji Coba Video Conference, WKPTA Palembang : “Selamat dan Pertahankan Peringkat SIPP PA Muara Enim”

Terkait hal ini, menerima laporan di ruang kerjanya, Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, Drs. H. Habib Rasyidi Daulay, M.H., pun menginginkan uji coba terhadap aplikasi lainnya, yang diminta Dirjen Badilag MA RI sesuai suratnya Nomor 3396/DJA/OT.02.1/VII/2019, tanggal 15 Juli 2019, perihal Uji Coba 9 (sembilan) Aplikasi Inovasi Pelayanan Peradilan Agama, juga dapat dilakukan seperti halnya aplikasi e-Register dan e-Keuangan.

Panitera dan Tim IT diminta untuk mempelajari buku pedoman aplikasinya, dan di bawah koordinasi Wakil Ketua, sesuai dengan yang telah direncanakan bersama sebelumnya, agar dapat melakukan uji coba sampai dengan 24 Juli 2019. Kemudian kendala-kendala yang dijumpai saat proses implementasi uji coba, baik terkait operasional maupun sistem aplikasi, segera disampaikan kepada Ditjen Badilag MA RI sesuai batas waktu yang diberikan,” kata Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, yang di informasikannya ke media whatshapp grup, paginya.

Ketua Pengadilan Agama Muara Enim menjelaskan, bahwa uji coba yang dilakukan pihaknya ini, adalah untuk menindaklanjuti surat yang di publish Ditjen Badilag MA RI di websitenya, Selasa (16/7/2019). Kemudian selain itu, baginya hal ini juga untuk menyikapi pesan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Drs. H. Helmy Thohir, M.H., di whatshapp grup SIPP Wilayah PTA Palembang.

| Humas Pengadilan Agama Muara Enim