Closing Meeting, Lead Assessor Simpulkan Secara Keseluruhan PA Muara Enim Sudah Bagus

Berita Utama
Typography

PA-MUARAENIM.GO.ID - Pengadilan Agama Muara Enim telah selesai mengikuti Assessment Surveillance yang Pertama dari implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM). Kegiatan digelar selama dua hari dan berakhir pada Selasa (18/6/2019) dengan melakukan Closing Meeting. Seperti biasa acara pun digelar di ruang sidang, dengan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, dan didampingi pula oleh Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Muara Enim, termasuk Lead Assessor. Sedangkan Assessor pendamping duduk di depannya bersama seluruh jajaran aparatur Pengadilan Agama Muara Enim.

Selama dua hari, kami melihat apa yg harus kami lihat dan kami telusur di Pengadilan Agama Muara Enim ini, baik itu dokumen maupun yang lain-lainnya, dimana dalam hal ini ada empat komponen yang menjadi objek penelusuran kami, yaitu penilaian APM mulai dari dokumen master sampai dokumen evidennya. Kemudian yang kedua merupakan penilaian terhadap implementasi dari APM itu sendiri, sedangkan komponen yang ketiga adalah penilaian mengenai Pembangunan Zona Integritas, dan yang terakhir adalah komponen penilaian terhadap Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Disamping itu tidak ketinggalan penilaian budaya kerja dalam menerapkan 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, rajin) dan 3S (senyum, sapa, salam). “Kami menyimpulkan dari sekian yang kami lihat dan telusur selama dua hari itu, secara keseluruhan Pengadilan Agama Muara Enim kami nilai sudah bagus, tapi ada hal-hal yang perlu diperbaiki lagi, yang kesemuanya itu bapak/ibu bisa membaca dan mempelajarinya didalam permintaan perbaikan sebagai lampiran dokumen kontrak kerja, namun itu semua diberikan waktu selama satu bulan untuk dapat menyelesaikannya lalu melaporkannya ke Dirjen Badilag dan tembusannya kepada kami. Perlu diketahui juga, bahwa semua perubahan dokumen atau tindaklanjut harus melalui RTM,” demikian diungkapkan Lead Assessor, Drs. H. Abdullah, S.H., M.H.

Baca juga :
Closing Meeting Assessment Internal, Ketua PA Muara Enim Apresiasi Kinerja Assessor Internal

Menyikapi hasil Assessment Surveillance yang telah dilakukan Assessor, Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, Drs. H. Habib Rasyidi Daulay, M.H., berpendapat, bahwa pihaknya siap untuk menyelesaikan permintaan perbaikan yang menjadi objek temuan tersebut. Disamping itu, ia juga mennegaskan akan memenuhi deadline waktu yang diberikan kepada pihanya untuk menindaklanjuti perbaikan-perbaikan dimaksud, imbuhnya menambahkan.

Lead Assessor selanjutnya menyerahkan dokumen kontrak kerja hasil Assessment Surveillance Pertama APM kepada Ketua Pengadilan Agama Muara Enim sebagai permintaan perbaikan yang harus dipenuhi selama sebulan kedepan. Dan didepan para jajarannya, Ketua Pengadilan Agama Muara Enim pun menyambut serah terima dokumen tersebut.

| Humas Pengadilan Agama Muara Enim