Ketua PA Muara Enim : Diklatpim Tingkat III Untuk Membentuk Kompetensi Kepemimpinan Taktikal

Berita Utama
Typography

PA-MUARAENIM.GO.ID - Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI melaksanakan Diklat Struktural Kepemimpinan Tingkat III Angkatan XIV dan XV Tahun 2019 pola Kemitraan dengan Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Jakarta, yang dilaksanakan sejak 27 Januari 2019 s.d 10 Mei 2019, dengan sistem on-off campus.

Memasuki akhir pelaksanaannya, Rabu (8/5/2019), sebanyak 80 peserta dari empat lingkungan peradilan di bawah mahkamah Agung yang mengikuti diklat bertempat di Ciputat, Tangerang Selatan tersebut, melaksanakan ujian seminar laporan proyek perubahan, dan diantaranya Sekretaris Pengadilan Agama Muara Enim, Syam Ratulangi, S.H., termasuk salah satunya.

Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai Berbasis Online Guna Mendukung Sikep di Pengadilan Agama Muara Enim, diambil sebagai judul dalam proyek perubahan tersebut, dimana dalam penyusunannya, proyek perubahan tersebut dibimbing Coach, Fuzan, S.H., S.E., M.H., dan pada hari itu pun telah diseminarkan, dengan diuji oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta, Drs. H. M. Yamin Awie, S.H., M.H.

Baca Juga :
Terus Berbenah, Ketua PA Muara Enim Studi Pembelajaran tentang MPP ke Pemerintah Kota Pekan Baru

Secara garis besar, proyek perubahan yang dirancang Project Leader merupakan sebuah sistem informasi berbasis web yang mengelola data Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), dari semula dilakukan dengan sistem manual kemudian menjadi sistem elektronik, yang terintegrasi dengan Sikep Mahkamah Agung dan dikelola secara terstruktur.

Menanggapi hasil seminar ujian proyek perubahan yang dilaksanakan Project Leader, sebagai Mentor, saat berada disana Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, Drs. H. Habib Rasyidi Daulay, M.H., menuturkan bahwa Diklatpim sedianya merupakan pendidikan dan pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan para peserta diklat. Hal ini disampaikannya kepada redaktur “pa-muaraenim.go.id” melalui whatshapp, sesaat setelah ujian seminar dilaksanakan disana.

Apa yang dikatakannya tersebut, ternyata selaras dengan apa yang disebutkan dalam Peraturan Kepala LAN Nomor 10, 11, 12, dan 13 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat I, II, III, dan IV, dimana tujuan penyelenggaraan Diklatpim adalah membentuk kompetensi kepemimpinan para pejabat struktural eselon I, II, III, dan IV. Sedangkan perbedaan kompetensi kepemimpinan dalam perjenjangan diklatpim tersebut meliputi Diklatpim Tingkat I untuk membentuk kompetensi kepemimpinan visioner, Diklatpim Tingkat II untuk membentuk kompetensi kepemimpinan strategis, Diklatpim Tingkat III untuk membentuk kompetensi kepemimpinan taktikal, dan Diklatpim Tingkat IV untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional.

Dengan selesainya Project Leader mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat III ini, ia berharap Project Leader mendapat nilai yang bagus, dan kedepan setidaknya kompetensi kepemimpinan yang dibentuk selama mengikuti kegiatan Diklatpim tersebut menjadi modal besar bagi Project Leader dalam menuju pemimpin perubahan dibidangnya. Ia juga berharap, seterusnya Pejabat Struktural Pengadilan Muara Enim Eselon IV juga dapat mengikuti diklat kepemimpinan sesuai dengan jenjangnya.

| Humas Pengadilan Agama Muara Enim