PA-MUARAENIM.GO.ID - Kehadiran Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang, YM. Drs. H. Helmy Thohir, M.H., merupakan suatu berkah yang luar biasa bagi seganap keluarga besar Pengadilan Agama Muara Enim. Perasaan bahagia bercampur semangat menyelimuti suasana sekitaran gedung yang berada di Jalan Mayor Jendral Tjik Agus Kiemas SH, Muara Enim, Sumatera Selatan, tersebut. Meskipun pada saat yang bersamaan, sebagian besar hakim dan pegawai tidak bisa hadir bersama-sama menyambut beliau, karena melaksanakan Itsbat nikah terpadu di PALI.

Kedatangan itu merupakan kunjungan ke Pengadilan Agama Muara Enim yang pertama baginya, setelah ia dilantik pada 27 September 2018 lalu, di Palembang. Dan kedatangannya didampingi oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian, Sahlanudin, S.Ag., S.H., M.H.

Setibanya di Pengadilan Agama Muara Enim, ia dan rombongan disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, saat pertama menginjakan kaki di pintu masuk gedung. Dengan perasaan gembira, Ketua Pengadilan Agama Muara Enim, Drs. H. Habib Rasyidi Daulay, M.H., bersama sama dengan seorang hakim dan para pegawai lainnya, menyambut hangat kedatangannya.

Tidak disangka, tiba-tiba Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang langsung mangayunkan langkah menyisiri setiap ruangan ruangan yang terdapat dilantai satu gedung. Semua yang ada disana mulai mengerti apa yang menjadi fokus beliau, ketika ia minta diarahkan menuju ke ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Ia mengatakan, menurutnya ruangan tersebut merupakan tempat yang menjadi pusat pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan, untuk itu ruang tersebut harus benar benar menjadi perhatian khusus bagi kita semua, katanya.

Bergeser ke ruangan sampingya, selanjutnya perhatian tertuju ke sudut ruangan yang disediakan untuk memberi layanan bantuan hukum, yaitu ruang Posbakum. Disana Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang berdialog secara langsung dengan petugas mengenai waktu dan sistem pelayanan yang diberikan oleh Posbakum. Setelah mendapat penjelasan yang diinginkannya, ia memberikan apresiasi terhadap dedikasi petugas, yang telah mengorbankan waktu lebih dari standar yang ditentukan, semata mata demi untuk melayani masyarakat pencari keadilan di wilayah hukum Pengadilan Agama Muara Enim.

Bertolak dari ruang posbakum lalu menuju tangga naik, selanjutnya ia menyempatkan diri melihat kondisi ruang kerja hakim yang ada di lantai dua gedung. Tak lama disana, barulah kemudian rombongan dibawa menuju ke ruang kerja Ketua PA Muara Enim untuk beristirahat sejenak, dan sembari duduk terjadilah diskusi ringan diantaranya.

Disela perbincangannya itu, tiba-tiba Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang dan Ketua Pengadilan Agama Muara Enim beranjak dari ruangan, dan bersama-sama menuju tempat acara pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) untuk ruas Jalan Tol Muara Enim-Simpang Indralaya dan ruas Jalan Tol Muara Enim-Lubuk Linggau.

Sekembalinya dari sana, sekira pukul 13.00 WIB, bertempat di ruang rapat lantai dua, dilanjutkan kembali pembinaan yang dilakukan sebelumnya tadi. Pembinaan diawali Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian Pengadilan Tinggi Agama Palembang, yang menyampaikan sosialisasi terhadap SK KMA Nomor 50/KMA/SK/III/2019, tentang pemberlakukan aplikasi Sitem Informasi Kepegawaian (SIKEP) pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya, serta Sosialisasi PERKA BKN Nomor 7 Tahun 2017, tentang tata cara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan administrator, jabatan pengawas, jabatan fungsional, dan jabatan pimpinan tinggi. Sedangkan dalam bidang perencanaan, dibahas perihal penyusunan RKA-KL PA Muara Enim untuk tahun 2020. Selain ketiga hal tersebut, disampaikan juga hal hal lain yang tidak kalah pentingnya, seperti Kenaikan Pangkat, KGB, Monev, Analisa Jabatan dan Analisa Beban Kerja.

Kemudian dalam kesempatan berikutnya, ditempat yang sama Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palembang juga menyampaikan pengarahan kepada seluruh aparatur, yang saat itu mengikuti pembinaan tersebut. Sebelum penyampaian darinya, masing-masing diminta untuk memperkenalkan diri sekaligus keluarga, kepadanya.

Selaku pimpinan pengadilan tingkat banding di wilayah Pengadila Tinggi Agama Palembang, ia mengatakan, bahwa dirinya akan selalu menekankan nilai-nilai budaya kerja yang harus dipedomani dalam melaksanakan tugas. Baginya, yang paling pokok sebagai ASN adalah harus memiliki sikap profesionalitas yaitu disiplin, integritas, dan moral. Disamping itu, selain profesional ia juga menghimbau agar selalu komitmen dan senantiasa melakukan pekerjaan dengan motto berikut ini “kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja tuntas” katanya menyebutkan.

Diakhir pembinaan, dengan rasa syukur dan ucapan terimakasih disampaikan Ketua Pengadilan Agama Muara Enim kepada pimpinan dan jajaran Pengadilan Tinggi Agama Palembang yang pada hari itu telah memberikan bimbingan dan arahan untuk kemajuan Pengadilan Agama Muara Enim ke arah yang lebih baik.

| Humas Pengadilan Agama Muara Enim

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

6 6 6 2 1
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
12
177
66621
0
5235
8857
66621
IP Anda : 54.91.71.108
2019-06-19 00:38