PA-MUARAENIM.GO.ID - Pengisian jabatan struktural, dalam beroperasionalnya lima pengadilan baru di lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Palembang, berimbas terhadap sejumlah jabatan yang ditinggalkan, termasuk juga jabatan-jabatan struktural eselon IV di beberapa pengadilan kelas IB, seperti halnya PA Muara Enim, yang kekosongan jabatan Kepala Sub Bagian Perncanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan.

Setelah kosong selama beberapa waktu, jabatan Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan tersebut, akhirnya pun resmi terisi, dengan dilantiknya Azuardi Rizal, Jum’at (29/3/2019), oleh Ketua PA Muara Enim, Drs. H. Habib Rayidi Daulay, M.H.

Beserta rombongan, pada pagi menjelang siang, sekiranya waktu berkisar pukul 10.00 WIB, Wakil Ketua PA Sekayu, Suryadi, S.Ag., S.H., M.H., hadir ditengah-tengah jajaran PA Muara Enim, menyaksikan prosesi pelantikan yang digelar ruang sidang utama. Suasana ruang acara berubah khidmat, ketika Ketua PA Muara Enim membimbing pengucapan sumpah jabatan, mengingat sumpah jabatan yang diucapkan itu, bukan sebatas seremonial ataupun janji yang diucapkan tanpa komitmen, karena setidaknya ada tiga makna yang terkandung dalam sumpah tersebut. Yakni, pertama adalah menjaga martabat kehormatan tingkah laku dan bertindak sesuai norma hukum, lalu kedua adalah mengutamakan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi, serta yang ketiga adalah makna nasionalisme, jujur, bersih dan bersemangat dalam menyelenggaran tugas negara.

Setelah menucap sumpah, Ketua PA Muara Enim melantik dan resmi  menanda tangani naskah pelantikan yang bersangkutan. Dan sesuai dengan regulasinya, seorang ASN yang baru dilantik diharuskan untuk menanda tangani pakta integritas, sebagai syarat dalam menduduki suatu jabatan yang dimanahkan oleh negara.

Berdiri dengan didampingi sang isteri, Azuardi Rizal yang hadir bersama anak-anak dan isteri, memperkenalkan diri sekaligus kelurganya kepada pimpinan dan keluarga besar PA Muara Enim yang hadir saat itu, karena sejak itu, setelah resmi dilantik, dirinya sudah merupakan bagian dari keluarga besar PA Muara Enim. Rasa syukur dan terima kasih disampaikan dengan tak terhingga kepada pimpinan dan keluarga besar PA Muara Enim atas terselenggaranya pelantikan dirinya, serta permohonan maaf yang sebesar-besarnya juga dihaturkan bila ia dan keluarga, saat hadir di PA Muara Enim belum sempat menyilaturahmikan diri kepada seluruh pegawai yang ada di disetiap ruangan.

Dalam melaksanakan tugas di PA Muara Enim, dengan penuh harap ia pun menyampaikan permohonan, bahwa sebagai Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan yang baru, dirinya sangat membutuhkan arahan, bimbingan serta petunjuk dan nasihat dari semua unsur SDM yang ada, setidaknya dengan hal yang demikian ia dapat mendedikasikan diri agar menjadi pribadi yang lebih baik di PA Muara Enim.

Pada kesempatan lain, dalam amanatnya, Ketua PA Muara Enim mengatakan, bahwa pelantikan pejabat baru merupakan bagian dari transformasi organisasi dan sumber daya manusia (SDM) untuk memperkuat efektivitas organisasi dan pelaksanaan tugas pengadilan.

Menurutnya lagi, momentum pengambilan sumpah memiliki arti penting yang menandai awal pengabdian bagi pelayan publik. Sejatinya, seorang pelayan publik yang baik haruslah memberikan pelayanan prima yang didasari keikhlasan, kesadaran yang tinggi, profesionalisme, integritas, loyalitas, kesetiakawanan moral dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagaimana yang termaktub dalam janji Panca Prasetya Korp Pegawai Republik Indonesia. Terlebihnya lagi, pengambilan sumpah ini memiliki makna yang mengikat ke dalam dan ke luar, secara internal, terdapat komitmen yang harus dilaksanakan oleh setiap individu yang mengemban suatu amanah dan tanggungjawab besar terhadap Negara dan Bangsa lndonesia.

Dipenghujung amanatnya, ia menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan pada hari itu, "selamat bertugas di PA Muara Enim, kami harap dapat melaksanakan tugas dengan baik disini, dan yang paling utama diharapkan dapat bekerjasama baik antar sub bagian di kesekretariatan, maupun dengan stakeholder internal lain yang ada di PA Muara Enim," imbuhnya, menutup amanat.

| Humas Pengadila Agama Muara Enim

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

6 6 5 3 2
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
100
134
66532
0
5146
8857
66532
IP Anda : 54.91.71.108
2019-06-18 12:47