Pagi hari ini, Rabu tanggal 18 November 2015, masih seperti hari-hari biasanya di PA Muara Enim, masyarakat pencari keadilan berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk mengikuti persidangan, sebagian yang lain tampak sedang mendaftarkan perkaranya di Meja I (Meja Pendaftaran), sedangkan sebagian lainnya sudah menunggu antrian sidang di depan ruang sidang I dan ruang sidang II PA Muara Enim.

Pada sisi lain, para pegawai dan pejabat pada bagian kepaniteraan PA Muara Enim juga tampak sedang berjibaku menyelesaikan segala tugas-tugas dan hal-ihwal urusan keperkaraan atau yang biasa disebut dengan  urusan kepaniteraan. Meja I tampak sibuk menerima perkara, Meja III tampak sibuk mengelola Akta Cerai, bagian Register tampak sibuk meregister seluruh data yang masuk ke Buku Induk Register Perkara dan Buku Register lainnya.

Buku Register adalah jantungnya bagian kepaniteraan, tanpa Buku Register, semuanya hampa. Dari Buku Register itulah semua rekaman dapat dilihat, rekaman berapa jumlah perkara yang masuk, jenis perkara apa saja yang sudah masuk, berapa yang sudah putus dan berapa yang belum putus, serta sampai sejauh mana perkara tersebut saat ini sedang berjalan. Setiap berkas perkara yang masuk ke Pengadilan Agama, pintu masuknya pasti melalui bagian Kepaniteraan. Mulai dari informasi, pendaftaran perkara, pembayaran biaya perkara, administrasi persidangan, penyampaian surat-surat panggilan, surat-surat pemberitahuan, serta proses penyelesaian perkara, atau yang sering disebut dengan istilah Eksekusi.

Pada hari ini, sesuai dengan data yang diperoleh dari Buku Register Induk Perkara Pengadilan Agama Muara Enim, sudah tercatat perkara yang masuk adalah sejumlah 1.039 (seribu tiga puluh sembilan) perkara. Yang terdiri dari 938 perkara gugatan (contentius) dan 101 perkara permohonan (volunteir).

Perkara sebanyak itu ditangani oleh 5 Majelis Hakim, dengan dibantu oleh 5 orang Panitera dan Panitera Pengganti yang terdiri dari Panitera, Edy Syafiq, S.H. Wakil Panitera, Ahmad Marzuki, S.Ag. Panitera Muda Hukum Karbudin, S.Ag. Panitera Muda Gugatan Muhamad Sanuni, S.Ag. dan Panitera Muda Permohonan Armalena Bakti, S.H.

 

Kabupaten muara enim, Pa muara enim, Pengadilan agama, Pta palembang

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

6 6 2 6 4
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
72
117
66264
0
4878
8857
66264
IP Anda : 52.204.98.217
2019-06-16 14:24