Prabumulih|pa-muaraenim.go.id

Selasa Pagi tanggal 27 Januari 2015, Ketua Pengadilan Agama [PA] Muara Enim beserta rombongan bertolak dari Kabupaten Muara Enim menuju ke Kota Prabumulih, sebuah kota yang masih di dalam lingkup kewenangan [yurisdiksi] PA Muara Enim. Perjalanan Ketua PA Muara Enim tersebut adalah untuk bersilaturahmi, sekaligus melakukan sosialisai dan audiensi kepada Pemerintah Kota [Pemkot] Prabumulih dalam rangka penyelenggaraan program sidang keliling. Program sidang keliling itu sendiri sedianya akan dilaksanakan di dua wiayah berbeda, yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir [PALI] dan di Kota Prabumulih, di mana kedua wilayah tersebut saat ini masih masuk ke dalam wilayah hukum [yurisdiksi] PA Muara Enim.

Dalam kesempatan tersebut Ketua PA Muara Enim, Drs. H. Muchlis, SH., MH. didampingi oleh Humas PA Muara Enim, Bachtiar, SHI.,MHI. dan Koordinator Tim IT Dodi Alaska AS, SHI. diterima langsung oleh Wali Kota Prabumulih, Ir. H. Ridho Yahya, MM. dan Sekertaris Kota Prabumulih di ruang kerja Wali Kota Prabumulih tepat pada pukul 14.00 WIB.

Humas PA Muara Enim, Pak Bachtiar menuturkan kepada redaksi pa-muaraenim.go.id bahwa pada kesempatan tersebut Ketua PA Muara Enim mengawali pembicaraan dengan menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya berserta rombongan ke Pemkot Prabumulih adalah untuk bersilaturahmi dengan pimpinan Pemkot Prabumulih, dan sekaligus dalam rangka audiensi dan sosialisai perogram sidang keliling PA Muara Enim yang akan diadakan di Kota Prabumulih. Sidang Keliling sendiri merupakan salah satu program unggulan Ditjen Badan Peradilan Agama [Badilag] dalam memberikan pelayanan bagi para masyarakat pencari keadilan yang tempat tinggalnya jauh dari kantor Pengadilan.

foto: suasana kehangatan dan keakraban antara Ketua PA Muara Enim yang didampingi Humas PA Muara Enim dengan Wali Kota Prabumulih, di ruang keja Wali Kota dalam membicarakan program sidang keliling di Kota Prabumulih.

Secara sederhana, teknis sidang keliling adalah: Majelis Hakim PA Muara Enim akan melakukan sidang di salah satu ruang sidang yang ada di Kota Prabumulih, sehingga masyarakat pencari keadilan yang tinggal di wilayah Kota Prabumulih dapat mengikuti persidangan yang diadakan di Kota Prabumulih tersebut. Namun demikian, mengingat program tersebut sifatnya sementara, sesuai dengan anggaran yang ada, maka tidak dapat dilaksanakan sepanjang tahun, tetapi hanya bebera kali kegiatan saja.

Masih penjelasan dari Pak Bachtiar, bahwa Bapak Wali Kota Prabumulih yang didampingi oleh Pak Sekda Kota Prabumulih sangat mengapresiasi dan mendukung program sidang keliing tersebut. Dan dalam kesempatan itu pula Pak Wali Kota menyampaikan harapannya kepada Mahkamah Agung, melalui Ketua PA Muara Enim agar kiranya dapat mempercepat proses pembentukan PA di Kota Prabumulih, “karena Prabumulih ini sudah menjadi kota, yang tentunya dinamika masyarakatnya, terutama di bidang hukum keluarga sudah sangat kompleks, sehingga sudah sangat mendesak untuk dibentuknya kantor Pengadilan Agama”, pungkas wali kota periode 2013-2018 itu.

Silaturahmi ke PN Prabumulih

Usai bersilaturahmi ke Pemkot Prabumulih, Ketua PA Muara Enim beserta rombongan menyempatkan diri untuk bertandang ke saudara tua PA, yakni Pengadilan Negeri [PN] Prabumulih. Di PN Prabumulih, rombongan diterima langsung oleh Ketua PN Prabumulih, IG. Eko Purwanto, SH, M.Hum.Sebagai mana diketahui bahwa di Kota Prabumulih, meskipun belum ada PA, akan tetapi sudah ada PN sejak beberapa tahun yang lalu.

Setelah bertukar kisah dan pikiran dengan Ketua PN, rombongan dari PA Muara Enim diajak berkeliling melihat-lihat gedung baru PN Prabumulih, dan sebelum berpamitan, Ketua PA Muara Enim menyempatkan diri berfoto bersama dengan Ketua PN Prabumulih di depan kantor.

foto diambil di depan gedung Pengadilan Negeri [PN] Prabumulih, dari kanan: Ketua PA Muara Enim, Ketua PN Prabumulih, dan Humas PA Muara Enim

 

Badilag, Hakim, Kabupaten muara enim, Ketua pa, Kota prabumulih, Mahkamah agung, Muara enim, Pa muara enim,

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Statistik Pengunjung

6 6 2 6 4
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
72
117
66264
0
4878
8857
66264
IP Anda : 52.204.98.217
2019-06-16 14:26